Bagaimana cara Agar di Hargai / DIhormati Orang Lain?
17.27 | Author: abdillah zuhud supraba

Didunia ini manusia diciptakan berpasang-pasangan. Baik Berpasangan dengan lawan jenis ataupun dengan sesamanya. kehidupan tersebut memaksa manusia untuk hidup terus dan saling ketergantungan terhadap lainnya. Dari situlah muncul keinginan-keinginan kuat agar kita dapat berarti dimata orang lain dan juga sebaliknya. Apresiasi dari Keinginan tersebut berupa penghargaan terhadap apa yang kita punya untuk diri kita, dan apa yang kita punya untuk orang lain. Yang Kita punya untuk diri kita maksudnya yakni setiap orang memiliki paras tampan dan cantik, anugerah tersebut kita jaga dengan baik sesuai norma yang berlaku, dari hal tersebut orang menjadi merasa nyaman dan akan berpandangan positif terhadap kita. Sedangkan Kita punya untuk orang lain maksudnya disini dalam hati kita memiliki hormat yang tinggi kepada seseorang, diwujudkan dengan berkata "permisi" ketika lewat tepat didepan sekumpulan orang yang sedang duduk..dengan bersikap seperti itu saja orang akan merasa segan terhadap kita. Perlu kita sadari mulai sekarang tentang dari mana rasa malu, senewen, bersalah dan perasaan-perasaan lainnya. semua perasaan-perasaan tersebut datang dari diri kita sendiri. Tidak Satupun Orang Lain Mampu Membuatnya. Semua perasaan-perasaan tersebut muncul secara alamiah dari dalam hati kita. Seperti Rasa Malu. Rasa tersebut muncul misalnya ketika mendapat nilai jelek, tidak memiliki baju bagus, tersandung karena kecerobohan, coba dirasakan kembali apakah dalam kejadian tersebut kita baru merasa malu setelah di tegur orang lain? jawabannya pasti tidak. Semuanya muncul langsung ketika itu terjadi. Nah, maka dari itu kini kita harus tau bahwa setiap kita melakukan apapun pasti dan tidak salah lagi itu berdasarkan perasaan yang ada dalam diri kita sendiri.

Yang Harus Diungkapkan Untuk Dapat Dihargai :
  • Banggalah terhadap hasil pencapaian Anda apabila telah menyelesaikannya dengan sukses. Jangan menganggapnya sebagai suatu keberuntungan belaka. Semua itu terjadi karena kerja keras Anda.
  • Ucapkan "terima kasih" pada orang yang memuji Anda tanpa harus merasa malu.
  • Ungkapkan perasaan Anda, misalnya Anda harus berani mengucapkan "Aku cinta padamu" pada orang yang memang Anda cintai.
  • Akui kesalahan Anda, apabila melakukan suatu kekeliruan. Melakukan kesalahan itu manusiawi. Semua orang pernah melakukannya. Yang perlu dilakukan adalah mengakuinya dengan penuh tanggung jawab, mengambil pelajaran dari kesalahan yang dibuat, dan berusaha memperbaikinya.
  • Apabila seseorang mengancam dengan kata-katan, maka Anda dapat melawannya, dengan perkataan pula. Tidak perlu berteriak.
  • Jangan menghina orang lain. Seseorang yang menghargai dirinya sendiri tidak pernah merendahkan orang lain agar dia tetap merasa berada di atas orang tersebut.
Yang harus Dilakukan:
  • Berjalanlah dengan penuh percaya diri. Angkat kepala Anda. Yakinlah bahwa Anda melakukan cara berjalan yang benar.
  • Berpakaianlah dengan rapi "seakan" Anda memang memperhatikan tubuh Anda. Perhatikan juga kerapian serta kebersihan diri.
  • Cobalah sesuatu yang baru setiap minggu - sebuah majalah terbitan terbaru, acara baru televisi, makanan baru, atau kenalan baru yang bisa Anda ajak berbincang-bincang.
  • Turuti keinginan hati Anda. Pikirkan sesuatu yang Andaingin orang lain melakukannya untuk Anda, lalu kerjakan sendiri untuk diri Anda.

Yang harus diyakini:
  • Yakin bahwa pandangan Anda pribadi terhadap diri sendiri lebih penting daripada apa yang dikatakan orang lain tentang Anda.
  • Sendirian itu tidak berarti kesepian. Rasa kesepian pada dasarnya berasal dari dalam diri Anda sendiri. Biarpun hidup sendiri, Anda dapat merasa tidak kesepian, sementara banyak orang merasa sangat kesepian walaupun mereka berada di lingkungan yang ramai.
  • Merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang berharga. Entah ada atau tidak orang yang mencintai Anda.
  • Merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang berharga. Entah ada atau tidak orang yang mencintai Anda.
  • Yakin bahwa Anda berharga karena Anda adalah Anda, bukan orang lain. Hargai diri Anda sebagai suatu pribadi.

Perlu Dingat kembali....Semua Yang Ingin Kita Lakukan, Lakukanlah. Karena sesungguhnya segala apapun yang terjadi dari diri kita adalah dibuat oleh dari kita sendiri yang berawal dari perasaan kita.

|
This entry was posted on 17.27 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar: